Selasa, 12 Juni 2012

bebanjor!!! asyiiik


ini c mancing kawan

ini untuk anak" belitong , malam ne 12 juni 2012 saya akan membahas tentang bebanjor. bagi kita yang tinggal di belitung rasanya sudah tidak asing lagi mendengar kata benajor, bebanjor adalah memancing, namun dilakuakn denagn cara sedikit berbeda, jika mancing menggunakan nilon/benang yang panjang, namun lain halnya dengan bebanjor, bebanjor dilakukan dengan pancing yang lebih besar dan nilon yang lebih pendek yaitu sekitar 2 s/d 4 jengkal atau sekitar 50cm, bebanjor dilakuakan di air yang tanang di kepalak lembong atau de lintok yang penting tempatnya harus tenang, sedangkan umpan yang sering digunakan antara lain seruat/gersik, cacing, kok kelapak/kabong/saguk/bakel dll, keting, kelipik/selipik, umpan iris, dll
sedangkan joran/jaoran yang biasa digunak adalah kayu kecil dan lentur namun kuat yang panjangnya bekisar 80cm s/d 2m, pemasangan nya biasanya dilakukan di pagi atau sore hari, dan tempat" yang sering saya gunakan untuk memasang banjor antara lain aik uguk, aik mudor, aik antu, LC ,dll
o ya saya punya cerita lucu waktu bevanjor di LC(lahan perkebunan sawit di tepi danau, di dusun air nangka)
waktu saya bebanjor, banjornya saya pasang melintasi parit yang jembatannya hanya se batang pohon sebesar betis yang panjangnya sekitar 4m, waktu malam hari saya mau melintas keseimbangan saya hilang dan tercebur kedalam sungai yang sanagat dingin hahahaha
mungkin itu saja yang bisa saya sare dalam blog kali ini, dan mohon maaf karena gambarnya belum ada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar