Selasa, 12 Juni 2012

nebang junjongan(tajar/ tiang panjat lada)

(contoh lada yang sedang memanjat pada tajar mati, bukan orangnya)

sebelum kita bicara soal nebang junjongan kita akan bahas pengertian junjongan, junjongan adalah tiang panjat tanaman lada, sebenarnya tiang panjat ada dua macam. tajar hidup dan tajar mati tajar hidup adalah tiang panjat yang menggunakan pohon yang mampu hidup kembali setelah di tebang, seperti pohon kapuk randu, gamal, pohon kopi, batang julok antu, dll. tajar mati kayu ulin namun sekarang kayu ulin populasi nya sudak sangan sulit ditemukan jadi tajar mati yang biasa di gunakan adalah pohon pelawan, jemang, samak, kiras, enterasan, resak, ubar, pelangas, mang, berangan,dll.

( contoh  lada di tiang panjat/junjongan)
ini cerite aku kawan, tadi pagi aku nebang junjongan kan abang aku, tapi junjongan bukan batang/pohon yang begitu bagus, karena sekarang ini untuk mendapatkan pohon yang bagus untuk junjongan itu cukup sulit, karena kayu/pohon sudah tidak sebanyak dahulu lagi,untuk hari ini selasa 12-06-2012 aku nebang junjongan sekitar 80 batang, cukup lum mayan untuk kerja setengah hari walaupun junjongan yang aku tebang bukan kulaitas baik, tapi cukup la untuk sekedar penyanggah sahang/lada aku hingga panen( mohon doa supaya lada aku bisa tumbuh baik, karena sekarang pertumbuhannya cukup memperihatin kan


selamat membaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar